Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

laporan pengamatan kecepatan bernafas



Laporan Pengamatan Kecepatan Bernapas
I.                    Tujuan                          : mengetahui pengaruh berbagai aktivitas terhadap kecepatan
bernapas.
II.                  Tempat dan Tanggal
a.       Tempat                : Lapangan SMAN 1 Glagah
b.      Waktu                   : Senin, 17 Februari 2014
III.                Alat dan bahan          : jam tangan
IV.                Cara Kerja
1.       Duduk dengan tenang selama 1 menit untuk meyakinkan bahwa kamu benar-benar rileks.
2.       Menghitung kecepatan bernapasmu selama satu menit tersebut dan mencatat hasilnya.
3.       Sekarang melakukan aktivitas naik turun tangga selama lima menit, setelah itu duduk. Segera menghitung kecepatan bernafasmu selama satu menit dan mencatat hasilnya.
4.         Melakukan aktivitas lain (lari-lari kecil) selama lima menit, setelah itu duduk. Segera menghitung kecepatan bernafasmu selama satu menit dan mencatat hasilnya.
v.          Hasil Pengamatan


NO

NAMA

Waktu
Posisi atau aktivitas
Duduk santai
(1 menit)
Naik turun tangga
(5 menit)
Lari-lari kecil
(5 menit)
1.
ulfia
1 menit
19
68
39
2.
Cindi
1 menit
16
120
41
3.
Dinar
1 menit
21
80
47
4.
Rosyid
1 menit
26
97
50


PERTANYAAN
1.       Mengapa kecepatan bernapasmu sangat cepat selama beraktivitas?
Karena kemampuan jantung dan paru-paru untuk menyediakan Oksigen ke otot ada batasannya. Akan tetapi dalam kondisi beraktivitas otot akan memperoleh tambahan energy melalui penguraian glukosa yang tersimpan di dalam otot (dalam bentuk glikogen). Penguraian glukosa tersebut terjadi tanpa melibatkan Oksigen (anaerob) dan menghasilkan asam laktat dan sedikit energy. Pada saat berhenti berlari didalam otot kaki banyak tertimbun asam laktat. Timbunan asam laktat dapat menyebabkan kejang otot dank ram. Oleh karena itu, simpanan asam laktat segera di uraikan dengan bantuan oksigen. Itulah sebabnya, sesaat setelah berolahraga atau beraktivitas berat kita masih bernapas dengan cepat untuk memperoleh lebih banyak oksigen guna menguraikan asam laktat di sel-sel otot.

2.       Mengapa kecepatan bernapasmu tidak segera menjadi normal begitu selesai beraktivitas?
Hal tersebut terjadi karena Neuron penstimulasi otot pernafasan menstimulasi neuron yang lain di medulla pernafasan yang direspon untuk berhenti melakukan pernafasan.

V.                  Pembahasan
Tubuh pada saat tertentu memerlukan lebih banyak energi. Contohnya otot kaki membutuhkan banyak energi untuk kekuatan saat berlari. Untuk itu, seseorang akan bernapas lebih dalam dan cepat. Pada saat yang sama, denyut jantung berdenyut sangat cepat untuk memompa darah menyalurkan oksigen ke otot kaki.
Sebenarnya, kemampuan jantung dan paru-paru untuk mrnyediakan oksigen ke otot ada batasannya. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, otot akan memperoleh tambahan energi melalui penguraian glukosa yang tersimpan didalam otot (dalam bentuk glikogen). Penguraian glukosa tersebut terjadi tanpa melibatkan oksigen (anaerob) dan menghasilkan asam laktat dan sedikit air.


 



Pada saat berhenti berlari, didalam otot kaki banyak tertimbun asam laktat. Timbunan asam laktat dapat menyebabkan kejang otot atau kram. Oleh karena itu, simpanan asam laktat segera diuraikan dengan bantuan oksigen. Itulah sebabnya sesaat setelah berolahraga atau beraktivitas berat seseorang masih bernafas dengan cepat untuk memperoleh banyak oksigen guna menguraikan asam laktat di sel-sel otot.
VI.                Kesimpulan:
                Dalam beraktivitas berat dan santai frekuensi pernafasan manusia berbeda. Ketika melakukan aktivitas berat, frekuensinya lebih banyak dan cepat karena untuk memperoleh lebih banyak oksigen. Sedangkan saat beraktivitas santai, fekuensi pernapasan dalam keadaan normal.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar